This blog is about a different perspective of life, since anyone in anywhere have their own insight, thoughts, experience, so do opinions. i'd like to chain sum of mine together and share them with U...

Thursday, September 08, 2005

Ada dua laut di Palestina

Ada dua laut di Palestina. yang satu segar, dan banyak ikannya. tepinya kaya dengan kehijauan. pohon-pohon menjulurkan cabang-cabangnya diatasnya dan juga akarnya yang haus untuk menyerap airnya yang menyembuhkan.

Sungai Yordan menjadikan laut ini dengan air pegunungan yang berkilauan. maka tampak tertawa kalau tertimpa sinar matahari. dan banyak orang membangun rumahnya dekat sungai ini, dan burung membangun sarangnya di pohon dekat sungai ini: dan setiap jenis kehidupan menjadi lebih bahagia berkat sungai ini.

Sungai Yordan mengalir terus ke selatan ke laut lain.

Di laut yang satu ini, tak ada ikan yang berkerlapan, tak ada daun yang melambai, tak ada suara burung berkicau, tak ada tawa ria anak-anak. para pelancong memilih rute lain, kecuali kalua urusannya mendesak. udara di atas airnya berat, dan baik manusia maupun binatang atau unggas, takkan minum airnya.

Apa sih yang membuat perbedaan besar dia antara kedua laut yang berdekatan ini? bukan sungai Yordan. Sungai Yordan mengalirkan air yang sama baiknya ke dalam kedua laut ini. bukan tanahnya; bukan negara dimana kedua laut ini berada.

Inilah bedanya, Laut Galilea menerima tetapi tidak menahan air dari sungai Yordan. untuk setiap tetes yang mengalir ke dalamnya, ada setetes yang mengalir ke luar darinya. memberi dan menerima. berlangsung seimbang.

Laut yang satunya lagi lebih cerdik, menimbun pemasukannya dengan serakah. sungai ini takkan tergoda oleh dorongan untuk bermurah hati. setiap tetes yang diterimanya, ditahannya.

Laut Galilea memberi dan hidup. Laut yang satunya tidak memberi apa-apa. namanya Laut Mati.

Ada dua tipe orang di dunia. Ada dua laut di Palestina.

It has been taken from the book of "The 7 Habits of Highly Effective Teens" by Sean Covey (In Indonesian Version)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home